Tips Membantu Mempermudah Mengerjakan Soal TOEFL

6:09 AM
Sumber Ef.co.id


Kamu yang sedang mengalami kegagalan dalam ujian TOEFL lagi dan lagi pastinya ingin mengetahui cara lulus TOEFL dengan lebih mudah bukan? Cara ini tidak hanya diminati oleh pejuan TOEFL yang selalu gagal. Ini juga cara yang akan dicari-cari oleh yang sama sekali belum pernah dan akan mengikuti ujian TOEFL tersebut. Karena, umumnya banyak peserta ujian TOEFL yang akan mengeluhkan tingginya skore yang harus dicapai untuk lulus dan juga tes yang menggunakan soal-soal yang tergolong rumit.

Tips Membantu Mempermudah Mengerjakan Soal TOEFL

Biasanya, kita memerlukan jumlah skor 500 agar bisa mendapatkan sertifikat TOEFL dan dinyatakan lulus atau berhasil. Namun, nyatanya untuk mengumpulkan skor yang sedemikian jumlahnya itu tidaklah mudah. Kita harus emngetahui beberapa hal di bawah ini. Berikut beberapa kumpulan tips yang di dasari dengan topik-topik dalam ujian TOEFL.

Listening

Untuk bagian tes TOEFL yang ini, kita benar-benar harus mempersiapkan pendengaran yang baik. Karena, biasanya sumber pembacaan soal akan terbagi menjadi 2 bagian, suara laki-laki dan suara wanita. Trik paling jitu untuk masalah listening ini adalah fokus pada kunci jawaban yang dirasa hampir-hampir mirip dan biasanya, kita juga harus lebih menfokuskan pada dialog percakapan yang terakhir. Kebanyakan peserta terlalu lama memproses pendengaran mereka, sehingga mereka banyak yang ketinggalan di bagian listening ini. Jika memang satu soal sudah terlewat maka fokus dengan soal berikutnya saja, jika tidak maka akan semakin kacau.

Structure

Untuk yang bagian ini, pastikan kita mengetahui kaidah grammar yang baik dan benar. Kita juga harus bisa mengolah kata, maka kata objek dan mana kata kerja dan yang lainnya. Jadi, kita jug harus bisa membedakan mana yang plural dan singular. Untuk mengetahui inti dari bagian ujian structure ini, kita harus mengetahui mana yang verb dan subjek.

Reading

Hampir sama dengan bagian Structure, kali ini kita harus mengerti kosa kata bahasa inggris yang baik dan benar. Kenapa? Karena nantinya kita diharuskan untuk mengetahui arti dari bacaan yang akan dijadikan soal di bagian tes TOEFL tersebut. tidak banyak waktu yang bisa digunakan untuk berfikir lebih lama. Terkadang, narasi soal yang diketik dan ditampilkan sangat panjang. Jadi, intinya adalah membaca terlebih dahulu pertanyaanny lalu baru mencari jawabannya di dalam teks narasi.
Nah untuk lebih mengenali beragam kosa kata dan penggunaan grammar yang baik, maka kita juga membutuhkan usaha yang lebih. Misalnya saja :

·       Membeli buku panduan untuk mengerjakan soal-soal TOEFL beserta CD listening yang juga sudahj disediakan. Namun, untuk hal ini, tentunya anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk bisa membeli buku panduan pengerjaan soal-soal TOEFL tersebut.
·       Meminjam buku panduan soal TOEFL milik teman maupun saudara agar bisa lebih hemat dan tentunya bisa belajar dengan cara autodidak.
·       Perdalam ilmu untuk mengetahui jenis penggunaan kosa kata dan grammar yang baik dan benar dengan mengikuti kursus-kursu bahasa Inggris resmi.
·       Perbanyak mendengarkan audio maupun menonton film-film yang berbahasakan bahasa Inggris dan gunakan subtitle otomatis untuk mengetahuinya.


Author :
Deden Hardan Gutama

Artikel Terkait

Previous
Next Post »