PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOG

 Oleh : Nanang Widayanto
Artikel telah melalui proses review oleh : Deden Hardan Gutama


Source : asset.kompas.com

Kemajuan teknologi zaman sekarang semakin pesat dan semakin canggih telah membawa perubahan yang cukup sugnifikan dalam kehidupan manusia. https://almaata.ac.id/

Sekarang ini hampir setiap manusia, anak umur belasan sampai orang dewasa sudah memiliki gadget untuk menemani kesehariannya, tak jarang kalau satu orang hanya memiliki satu gadget. Hal ini dikarenakan banyak factor. Terutama yang ngga jauh dari manusia saat ini adalah smartphone. Aktivitas pemakai gadget terutama smartphone itu berbagai kalangan, yaitu siswa,mahasiswa,pekerja,ibu rumah tangga, dan sering banget kita temui sekarang yaitu gadget sebagai alat penenang bagi anak yang sedang rewe, hal itu dikarenakan orang tuanya sibuk dengan pekerjaannya atau pun emang udah tidak mau ribet untuk nenangin anaknya.

 Namun, perlu disadari bahwa perkembangan teknologi ini membawa dampak besar dalam kehidupan anak. Untuk itu dibutuhkan pendampingan orang tua dalam memperkenalkan teknologi kepada anaknya.

Mengapa penting untuk memperkenalkan teknologi kepada anak?

Yang pertama orang tua lah yang menemani keseharian anak tersebut, yang kedua  karena umur anak adalah masa yang paling baik, yang dimana anak dapat menyerap banyak informasi dengan cepat. Jadi sangat disayangkan jika masa-masa tersebut tidak dimanfaatkan orang tua buat memperkenalkan perkembangan teknologi.

Selain itu, penting bagi anak saat beranjak dewasa mengikuti acara-acara yang berhubungan sesuai bidang yang diminati atau disukai, tujuannya agar anak mendapatkan inspirasi dan wawasan tentang hal tersebut.

Berbeda orang tua tentu berbeda juga pola pengsuhannya dan berbeda juga alasan penerapan pengasuhannya. Penggunaan teknologi digital yang sama, akan memiliki hasil bagi masing-masing anak. Berbeda motivasi bermain game, menonto televise, memainka gadget maka akan berbeda pula kepuasan yang didapatkan dari teknologi digital tersebut. Ketika industry teknologi menyediakan beragam platform dan konten media untuk mengetahui apakah penggunaan media  berbahaya atau bermanfaat, maka akan menjadi kebutuhan anak terhadap penggunaan teknologi tersebut.

Akibat kemajuan teknoilogi, banyak permainan-permainan kreatif dan menantang yang disukai anak-anak, hal ini bisa untuk melatih kreatifitas anak, beberapa dampak positif perkembangan teknologi terhadap anak :

1.    Dapat menambah wawasan anak

2.    Anak dapat memperbanyak teman

3.    Dapat mengetahui informasi terkini secara cepat

4.    Dapat menjadi solusi bagi orang tua yang menemui anak yang bosan belajar

5.    Membangun kreatifitas anak

Di balik dampak positif yang sangat membantu, banyak juga dampak negatif juga jika orang tua lalai saat mengingatkan anaknya. Antara lain:

1.    Menurunnya prestasi anak karena asyik bermain gadget jadi jarang belajar

2.    Terbatasnya aktifitas fisik yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak

3.    Perkembangan sosial anak jadi kurang karena jarang keluar rumah

4.    Perkembangan otak yang tidak seimbang

5.    Masalah kesehatan mata

6.    Masalah konsentrasi

7.    Rawan dengan hal yang berbau pornografi

Peran orang tua kepada anaknya menjadi solusi dari semua persoalan ini. Keluarga merupakan sekolah pertama yang ditemui anak sebelum berinteraksi dunia luar. Membesarkan anak di era saat ini memiliki tantangan tersendiri, jika orang tua tidak pandai-pandai mengantisipasinya, anak-anak bukan menjadi ahli atau pengguna teknologi yang baik tapi malah menjadi korban teknologi tersebut.

Sumber : https://www.google.co.id/amp/s/www.patinews.com/peran-orang-tua-dalam-pengaruh-perkembangan-teknologi/amp/


No comments:

Post a Comment

Pages