Tutorial Membuat Server Sendiri Dengan Google Cloud Platform

5:59 AM



Google Cloud Platform menawarkan beragam layanan yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Adapun salah satu hal yang bisa dilakukan dengan bantuan Google Cloud Platform yaitu membuat server. Dimana server yang dimaksud berupa VPS (Virtual Private Server). Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan tutorial membuat server sendiri dengan Google Cloud Platform selengkapnya untuk anda. Pastikan anda tak melewatkan tutorial yang satu ini.

Tutorial Membuat Server Sendiri
Dalam tutorial cloud server ini, pastikan anda membuat SSH key terlebih dahulu agar bisa login ke VPS. Setelah itu, anda bisa masuk ke Console Google Cloud. Dimana bagian menu untuk membuat VPS ada di Compute Engine dan pilih VM instances. Anda pun tinggal klik Create. Dalam hal ini, Name berarti nama VM instance dan hostname. Zone ialah lokasi server. Machine type berupa spesifikasi CPU dan RAM. Sementara Boot disk memungkinkan anda untuk memilih sistem operasi dan kapasitas disk sistem yang akan digunakan.
Ada juga Identity and API access yang bisa diatur supaya mampu mengakses Cloud API. Lalu ada Firewall. Anda bisa ceklist Allow HTTPS traffic dan Allow HTTP traffic apabila ingin memperbolehkan akses ke web server. Langkah selanjutnya, pilih SSH Keys untuk menyalin SSH key yang sudah dibuat. Tak butuh waktu lama, VPS atau VM instances telah aktif. Anda pun bisa melakukan remote shell ke VPS lewat SSH client di browser.
Setelah itu, anda bisa melihat Monitoring pemakaian CPU, Network, dan Disk yang ada di panel sebelah kanan. Apabila anda ingin mengubah machine type, maka anda hanya perlu memastikan bahwa VM instance sudah dimatikan terlebih dahulu. Dengan anda mengikuti tutorial membuat server sendiri ini secara cermat, maka anda berpeluang besar untuk berhasil melakukannya. Untuk itu, pastikan anda menyimaknya secara teliti.

Keunggulan Google Cloud Platform
Mengulas mengenai tutorial Google Cloud akan terasa kurang lengkap jika tak diimbangi dengan mengetahui apa saja keunggulannya. Adapun salah satu keunggulan Google Cloud Platform yaitu keamanan data. Dengan anda menggunakan Google Cloud Platform, maka semua data yang anda masukkan dijamin aman. Tak hanya aman, tutorial membuat server sendiri dengan Google Cloud Platform juga terbukti fleksibel. Anda bisa mengaksesnya dari mana dan kapan saja secara mudah. Hal ini dikarenakan anda hanya membutuhkan akses internet saja.
Keunggulan dari Google Cloud Platform selanjutnya yaitu data terpusat. Dengan adanya data terpusat, layanan bisa memiliki skala yang lebih besar. Disamping itu, Google Cloud Platform juga mampu menghemat biaya. Keunggulan yang satu ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang memikirkan investasi jangka panjang. Penggunaan Google Cloud Platform terbukti mampu menekan biaya pembangunan infrastruktur system yang memang dibutuhkan dalam membangun aplikasi bisnis.

Author :
Deden Hardan Gutama

Artikel Terkait

Previous
Next Post »