Panduan Google Keyword Planner dan Google Trends

12:05 AM

Panduan Google Keyword Planner dan Google Trends



Untuk anda yang memiliki website, pastinya anda ingin website anda bisa memperoleh peringkat tinggi pada halaman pertama hasil pencarian Google. Untuk itu, anda semuanya harus melakukan strategi SEO, entah itu on-page SEO atau off-page SEO. Maka carilah kata kunci atau keyword, yang memiliki jumlah volume pencarian per bulan yang tinggi.

Google sudah mempunyai dua tools yang dapat membantu anda semuanya untuk melakukan keyword research yaitu Google Keyword Planner dan Google Trends.  Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah penjeasannya lengkap.

Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan sebuah produk Google yang bisa anda gunakan untuk memberi tahu kita estimasi traffic dalam target keywords yang hendak anda gunakan. Tak hanya itu saja, Google Keyword Planner juga bisa membantu anda semuanya untuk mencari keyword yang relevan. Untuk memakai Google Keyword Planner, anda memerlukan akun Google AdWords. Tool ini bisa anda gunakan untuk menemukan keyword yang tepat untuk blog atau artikel anda.

Google Keyword Planner juga mempunyai fitur keyword match untuk menginformasikan keyword yang berkaitan dengan keyword utama. Selain itu, Google Keyword Planner juga mempunyai tiga jenis pencocokan kata kunci. Diantaranya yaitu broad match, phrase match, serta exact match. Google Keyword Planner juga memiliki filter dan berbagai pilihan yang advanced.

Google Trends

Google Trends baru dirilis di tahun 2006. Tool ini untuk memberikan marketer dengan insights mengenai apa saja yang orang-orang cari pada mesin penelusur. Sekarang ini, Google terus meningkatkan fungsi serta fitur-fiturnya. Dengan demikian, Google Trends bisa menjadi sebuah tool yang punya banyak fungsi serta banyak digunakan.

Google Trends merupakan salah satu tool berharga, terutama untuk para pemain digital marketing. Tool ini juga merupakan salah satu dari sedikit tools yang dapat membantu anda semuanya sebagai marketer di dalam melakukan riset pasar serta untuk mengumpulkan data SEO.

Dengan kemampuannya di dalam membagi segmentasi berdasarkan lokasi geografis, kategori produk, topik konten, serta tanggal, Google Trends ini bisa  membantu kita untuk menganalisa dengan lebih luas serta dengan lebih dalam. Dengan ekspansi Google Trends di  News (berita), Shopping (belanja), Images (gambar), serta YouTube, terdapat banyak sekali faktor yang menjadi penyebab mengapa anda harus mencoba menggunakan Google Trends ini.

Cara Menggunakan Google Trends untuk SEO

Untuk menggunakan Google Trends, perlu anda ketahui jika data Google Trends sudah disesuaikan guna membuat perbandingan data supaya penggunanya dapat membaca dengan lebih mudah. Di tiap titik data dibagi dengan total pencarian geografi serta rentang waktu yang diwakilinya, guna membandingkan popularitas relatif. Untuk tempat dengan volume pencarian paling banyak bisa selalu berada pada peringkat tertinggi. Angka yang dihasilkan selanjutnya akan diukur dalam kisaran 0 sampai dengan 100 sesuai dengan proporsi topik untuk semua pencarian dalam seluruh topik.


Author :
Deden Hardan Gutama

Jasa Internet Marketing Jogja

Artikel Terkait

Previous
Next Post »