9 Tren Digital Marketing 2019 Yang Harus Anda Tahu

4:47 AM

source www.nataconnexindo.com


Digital marketing merupakan salah satu teknik pemasaran populer saat ini. Ini semua pastinya tidak terlepas dari keberadaan internet yang pertumbuhannya semakin pesat. Tren digital marketing baik skala nasional maupun global terus mengalami perkembangan.

Tren Digital Marketing 2019

Untuk tren digital marketing di tahun 2019 yang harus anda ketahui adalah seperti berikut ini.

1. Penggunaan Artificial Intelligence

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) saat ini banyak diperbincangkan perusahaan besar khusunya di bidang pengembangan teknologi. Adanya AI dinilai akan membantu kegiatan pemasaran terutama dalam digital marketing. Sebab, mempunyai berbagai kelebihan. Banyak perusahaan besar di dunia yang muali menggunakannya.

2. Aplikasi Chatbot agar Dekat dengan Konsumen

Akhir-akhir ini popularitas chatbot semakin meningkat. Sebab, mampu menanggapi pertanyaan dasar dari pelanggan dengan cepat dan memuaskan. Selain mampu melayani pertanyaan konsumen secara cepat, Chatbot juga dapat melakukan layanan transaksi yang semakin komplek. Bahkan aplikasi ini mampu menjawab berbagai macam bentuk pertanyaan, masukan serta keluhan konsumen selama 7 hari 24 jam nonstop.

3. Omnichannel Marketing

Strategi marketing omnichannel bisa untuk meningkatkan kenyamanan serta kemudahan untuk para konsumen pada suatu perusahaan, baik secara online maupun offline. Telah terbukti jika perusahaan yang memakai strategi ini bisa untuk meningkatkan engagement kepada konsumen sekitar 89 persen.

4. Accelerated Mobile Pages (AMP)

Accelerated Mobile Pages ini adalah open source yang bisa memformat halaman web statis. Dengan demikian dapat memuat artikel dengan sangat cepat pada sebuah perangkat mobile. AMP ini juga telah banyak dipakai lebih dari 200 penerbit konten. Pemakaian AMP bermanfaat sekali untuk pengembangan website perusahaan khususnya untuk engagement konsumen.
5. Marketing Automation

Marketing automation ini adalah teknik otomatisasi pada bidang digital marketing dengan memakai software marketing. Dalam departemen pemasaran, terkadang harus melakukan suatu hal berkali-kali. Misalnya seperti mengirimkan email, media sosial, serta  nomor telepon kepada pelanggan. Adanya strategi marketing automation bisa membuat tugas ini lebih mudah, sebab bisa untuk segmentasi konsumen.

6. Penggunaan Video

Pada tahun 2019 ini pemakaian konten dengan basis video banyak digunakan oleh perusahaan besar ternama maupun start up. Video dinilai efektif untuk memasarkan serta mengenalkan produk baru untuk para calon konsumen. Keunggulan memakai video yaitu biaya produksi juga lebih murah.

7. Penggunaan Voice Search

Dalam ranah digital marketing, penggunaan voice search ini akan berimbas pada SEO. Metode smart speakers dapat memudahkan konsumen tanpa harus mengetik. Sebagian besar menggunakan teknologi smart speakers ini guna memudahkan mereka untuk mencari sesuatu di internet.

8. Memanfaatkan Fitur Stories

Sejak adanya fitur ini tahun lalu, Instagram semakin diminati oleh masyarakat. Terdapatnya fitur stories di Instagram bisa menjadikan para pengguna untuk berbagi foto atau video yang akan hilang dalam 24 jam. Maka, potensinya besar untuk digital marketing.

9. Influencer Marketing

Adanya Instagram juga menjadi ladang baru hadirnya influencer marketing. Tren memakai media sosial di kalangan generasi muda sekarang ini juga dipertimbangkan oleh perusahaan besar untuk faktor strategi pemasaran mereka.

author :
Deden Hardan Gutama

Baca juga : 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »