8 Beasiswa di tahun 2019

beasiswa di tahun 2019
Beasiswa 2019 


Di dalam dunia pendidikan, kita mengenal istilah beasiswa. Pastinya sudah banyak orang yeng mengetahui atau setidaknya pernah mendengar istilah ini, bukan? Beasiswa sendiri merupakan istilah yang diberikan kepada program pendidikan yang akan memberikan kemudahan dalam mendapatkan pendidikan yang layak kepada anak didik tertentu. Beasiswa ini tidak hanya ada di negara kita Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Nah, untuk itu kali ini kita akan melakukan pembahasan mengenai jenis-jenis beasiswa yanga da di dunia tersebut.

1. Beasiswa Pemerintah atau Sekolah Umum
Ini merupakan jenis beasiswa yang akan disediakan oleh sekolah yang dimiliki oleh pemerintah atau sekolah umum. Biasanya, ada beberapa kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa agar bisa lulus dalam kesempatan tersebut nantinya. Ini tidak hanya berlaku untuk sekolah negeri saja, bahkan ada beberapa lembaga tertentu yang akan memberikan kesempatan untuk meraih beasiswa ini.

2. Beasiswa Private Scholarship
Nah, ini merupakan jenis beasiswa yang nantinya akan ditanggung oleh lembaga-lembaga khusus dalam sebuah negara. Misalnya saja di Indonesia kita mengenal beasiswa Djarum, Sampoerana dan jenis lainnya. Dan biasanya, jenis beasiswa ini akan dilaksanakan dalam rangka untuk menambah SDM yang kreatif dan berprestasi dalam bidang yang digeluti oleh lembaga tersebut.

3. Beasiswa Donor Internasional
Dengan adanya kemajuan dan perkembangan zaman, sekarang ini ada banyak sekali jenis dari donor Internasional yang berfokus dibidang pendidikan. Jadi, ini akan bersifat sebuah kerjasama yang trerbentuk antar negara. Misalnya saja beberapa negara di Eropa yang memiliki lembaga pendidikan terbaik melakukan kerja sama dengan menawarkan beasiswa bagi pelajar-pelajar di Indonesia.

4. Beasiswa Yayasan
Siapa sangka beasiswa bisa datang dari amna saja? Contohnya adalah beasiswa yang didonasikan oleh pihak yayasan. Yayasan yang memberikan beasiswa ini tidak selalu berasa dari yayasan yang berkembang di bidang pendidikan. Ada banyak sekali jenis yayasan di dunia yang memebrikan kemudahan bagi pelajar memalui jalur beasiswa mereka tersebut.

5. Beasiswa Universitas
Ini merupakan jenis beasiswa yang diberikan agar banyak anak-anak yang melanjutkan sekolah mereka hingga jenjang universitas. Siapa saja yang berhak mendapatkan jenis beasiswa ini? Tentu saja da banyak kriteria yang beredar dalam beasiswa universitas. Bisa jadi calon mahasiswa yang dibutuhkan adalah yang memiliki kemampuan akademik terbaik, bisa juga berupa bantuan biaya untuk bersekolah. Biasanya ini akan diberikan pada calon mahasiswa yang kurang mampu dan memiliki prestasi. Perstasi yang bisa diandalkan baik dari bidang akademis maupun non akademis.

6. Beasiswa Unggulan
Seperti namanya, ini merupakan jenis beasiswa yang diprogramkan oleh pemerintah khusus bagi anak-anak yang berperestasi dan merupakan unggulan. Ini adalah jenis beasiswa yang nantinya akan digunakan bagi calon tenaga kerja yang akan mengabdi pada negara atau calon pengajar aghar bisa melanjutkan pendidikan mereka dan memberikan hasil terbaik bagi negara.

7. Full Scholarship
Ini merupakan jenis beasiswa yang akan menanggung hampir keseluruhan biaya yang akan digunakan untuk menuntut ilmu nantinya. Jadi, semua biaya yang digunakan dalam pembelajaran akan sepenuhnya ditanggung oleh pemberi beasiswa tersebut. Beasiswa seperti ini banyak ditemukan baik dari dalam maupun pihak luar negeri.

8. Partial Scholarship
Kebalikan dari full scholarship, ini hanyalah beasiswa yang akan menanggung biaya-biaya tertentu. Misalnya saja membebaskan biaya perkuliahan saja. Namun, sang peserta atau yang menerima beasiswa tetap harus menanggung biaya akomodiasi hidup, transoportasi dan biaya lainnya.
Demikianlah 6 jenis-jenis beasiswa yang ada di dunia. Kemudahan akan bisa didapatkan oleh siapapun yang ingin melanjutkan pendidikan, bukan? Anda hanya perlu berusaha lebih giat dan mengasah kemampuan hingga layak masuk kedalam daftar pemenang beasiswa.

Jenis beasiswa, beasiswa 2019, beasiswa unggulan, beasiswa universitas alma ata, beasiswa pemerintah


No comments:

Post a Comment

Pages