Tips Untuk Memaksimalkan Penggunaan Google Scholar

12:01 AM

Tips Untuk Memaksimalkan Penggunaan Google Scholar



Kemajuan teknologi seperti sekarang ini bisa memudahkan di berbagai macam hal. Baik itu untuk para pelajar, mahasiswa, peneliti serta pekerjaan yang ada kaitannya dengan data-data penting seperti jurnal dan sebagainya. Dengan terdapatnya Google Scholar, sangat membantu profesi-profesi tersebut untuk aneka ragam penelitian atau penulisan.

Cara Memaksimalkan Penggunaan Google Scholar

Akan tetapi, ada berbagai macam cara yang harus anda lakukan untuk bisa  memaksimalkan penggunaan Google Scholar ini. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Mencari Penulis dengan Mudah

Dalam Google Scholar,  anda semuanya dapat mencari referensi yang ada kaitannya dengan rtikel maupun publikasi sesuai dengan nama penulisnya. Kadang-kadang, satu penulis bisa menghasilkan karya lebih dari satu. Dengan Google Scholar, anda juga dapat mencarinya sesuai dengan nama tersebut.

2. Pencarian Berdasarkan Publikasi

Tak hanya bisa  melakukan pencarian publikasi artikel sesuai dengan nama penulis, di Google Scholar anda semua juga dapat mencarinya dengan cara mengetikkan judul serta memilih kategorinya. Contohnya saja jika anda mencari artikel atau publikasi tentang ulasan mengenai manajemen keuangan. Nantinya,  akan muncul banyak artikel dari seluruh artikel yang terdata.

Jika anda ingin menyempitkan pencarian pada sebuah jurnal, anda semuanya dapat mengetikkan kata ‘manajemen keuangan – jurnal keuangan’. Lakukan banyak percobaan supaya pada saat anda mencari pencarian berikutnya bisa menjadikan semakin mudah dan tulisan juga bisa ditemukan.

3. Cari Sesuai dengan Tahun dan Tanggal Terbit

Walaupun sudah ada beberapa judul buku atau tulisan dan pengarang yang sama, tulisan titu pastinya juga memiliki tahun yang berbeda. Tulisan tersebut pada umumnya telah direvisi, baik itu dari segi isi maupun materi oleh pemiliknya. Dengan demikian, di Google Scholar akan muncul versi yang sebelum dan sesudah revisinya. Maka, anda harus melakukan pencarian sesuai dengan tanggal terbitnya.

Walaupun Google Scholar tidak menampilkan tanggal penerbitan, akan tetapi tetap akan memunculkan tahun penerbitan artikel atau publikasi yang dicari. Pencarian dengan memakai tahun terbit atau publikasi ini akan bermanfaat sekali jika anda mencari perkembangan terbaru pada bidang tertentu. Misalnya saja apabila anda semua mencari dokumen-dokumen bersejarah yang diterbitkan tahun tertentu.

4. Supaya Tulisan Muncul di Google Scholar

Anda semua juga dapat mempublikasikan artikel atau tulisan anda supaya bisa lebih dikenal oleh orang lain. Anda dapat masuk ke akun Google dan mengisi formulir pendaftaran kutipan. Untuk anda yang ingin memiliki tulisan yang banyak dijadikan referensi, maka selain kualitas, tampilan sebaiknya diusahakan terlihat profesional. Profil anda di Google Scholar sebaiknya juga bersifat publik dan mempunyai email yang telah terverifikasi pada instansi maupun universitas. Selanjutnya, anda bisa membuat akun dengan nama asli anda dan jangan sesekali anda memakai nama samaran.


ditulis oleh :
D Hardan Gutama
Universitas Alma Ata

Artikel Terkait

Previous
Next Post »