Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Konten Website Anda


Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Konten Website Anda




cara daftar DMCA - Universitas Alma AtaSaat ini banyak terjadi pencurian konten. Dengan adanya strategi content marketing yang semakin populer , konten di internet jumlahnya sudah tak terhitung lagi. Maka dari itu, penting untuk menjaga konten yang anda tulis dan post di blog. Tujuannya tak lain supaya konten anda tidak dicuri dan dijiplak oleh orang lain. Karena dalam hal SEO ini bisa merugikan. Digital Millennium Copyright Act atau DMCA merupakan solusi yang tepat untuk anda yang mengalami pelanggaran hak cipta.

DMCA adalah sebuah hukum dari Amerika Serikat yang pertama kali muncul pada Oktober 1998. Hukum ini berkaitan dengan pelanggaran atas hak cipta karya-karya digital. Tidak hanya itu, hukum ini juga mencakup produksi atau pembuatan dan distribusi software yang digunakan untuk melakukan pelanggaran hak cipta dari karya-karya digital. Hukum ini juga menjamin keamanan beberapa provider servis online termasuk provider internet dari hukuman pelanggaran hak cipta.

Cara Kerja DMCA

Proteksi DMCA dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis konten. Entah itu berupa teks, gambar, audio, maupun berupa video. Apabila anda semuanya membuat semua konten-kontenitu, pastinya anda memiliki hak penuh mengenai konten-konten tersebut. Melakukan cek dengan rutin dalam melihat apakah konten anda dicuri atau tidak itu termasuk hal yang sangat penting untuk anda lakukan. Selain itu, mengambil langkah dalam menjamin jika konten anda tidak diakui oleh orang lain dan akan meminta supaya konten anda dikembalikan. Dengan begitu konten anda bisa menjadi lebih terlindungi.

Cara Daftar DMCA

DMCA merupakan hukum yang melindungi konten anda dari pencurian. Apabila konten anda dicuri, maka DMCA bisa membantu anda untuk menurunkannya. DMCA sudah menjadi suatu prosedur yang sebaiknya dipahami oleh blogger, webmaster, serta host supaya setiap orang bisa menjaga konten mereka.

Nah, untuk memasang badge DMCA di website atau blog anda, anda harus registrasi di DMCA.com. Setelah itu Klik Sign Up pada bagian ujung kanan atas. Selanjutnya mereka akan memberikan tiga pilihan, pilih Get A Free Badge. Kemudian, anda tinggal memilih jenis badge yang akan dimasukkan pada blog anda. Lalu isi data di bagian kanan berupa nama depan, nama belakang, serta alamat email anda, lalu klik Sign Up. Selanjutnya copy kode embed yang terdapat di sebelah kanan.

Memang anda semua belum bisa melakukan banyak hal untuk mencegah pencurian konten anda. Tindakan yang dilakukan untuk mencegah adanya pencurian konten ini juga belum banyak. Maka dari itulah, DMCA hadir untuk anda semua dalam mempermudah pemilik konten guna menangani penggunaan konten mereka yang tidak sah. Diantaranya dengan mengizinkan mereka mengajukan pemberitahuan penghapusan DMCA pada penyedia layanan Internet dari pihak yang  melakukan hal yang melanggar.


ditulis oleh :
D Hardan Gutama
Universitas Alma Ata

Pages