Kontroversi Teknologi 5G

5:57 PM




Hadirnya teknologi baru 5G yang boleh dinyatakan sebagai perkembangan dari teknologi sebelumnya, yakni 2G, 3G maupun 4G sempat menuai banyak kontroversi. Walaupun ada beragam manfaat yang bisa diberikan oleh layanan 5G ini. Termasuk didalamnya kecepatan koneksi internet yang akan jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Kelebihan Teknoligi 5G

Teknologi 5G ini, memebrikan banyak kelebihan dan fitur-fitur bermanfaat hampir bagi semua kalangan masyarakat. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kita bahas apa-apa saja kelebihan dari 5G, yaitu:

·       ·      Memiliki jenis bandwidth yang besar, resolusi tinggi dan bisa directional.
·       ·       Bisa mengumpulkan semua jenis jaringan hanya dengan bantuan satu platform saja.
·       ·     Memberikan pengalaman penggunaan teknologi yang lebih efisien dan efektif.
·       ·     Bisa memberikan dukungan kepada setidaknya 60.000 sambungan dengan pemberian fasilitas data penyiatan yang besar.
·       ·     Akan lebih mudah dikelola jika dibandingkan dengan jenis teknologi sebelumnya.
·       ·     Layanan teknologi yang sudah mendukung layananan pribadi dan layanan heterogen lainnya.
·       ·     Meneydiakan serangkaian fasilitas layanan yang seragam dan stabil di seluruh penjuru dunia.
·       ·     Memungkinkan pengguna untuk menggunakan smartphone agar bisa mengontrol PC mereka.
·       ·     Akan lebih mudah mendeteksi adanya perkiraan cuaca buruk dan beragam jenis bencana alam lainnya.

Benarkah Teknologi 5G Berbahaya?

Terlepas dari beragam manfaat atau keunggulan teknologi 5G di atas, kita juga harus mengetahui beberapa resiko dan tantangan penggunaan 5G tersebut. Bahkan, ada banyak yang meragukan hingga mempertanyakan seberapa aman penggunaan dari teknologi 5G ini. Mungkin, pertanyaan yang menanyakan benar atau tidaknya bahaya penggunaan teknologi 5G akan sering anda temui.
Tentu saja penggunaan teknologi 5G yang berlebihan akan memberikan beragam dampak negatif apalagi jika terpapar seharian. Namun, belum ada penelitian yang menyatakan efek berbahaya dari teknologi 5G ini. Singkatnya, belum ada dampak yang nyata yang bisa dijadikan acuan. Namun, teknologi 5G tetap menjadi kontroversi, karena ilmuwan ingin teknologi ini ditangguhkan sedangkan pihak industri ingin segera meluncurkannya.

Kekurangan Teknologi 5G

Tentunya, perkembangan teknologi 5G ini memiliki dampak positif dan negatinya sendiri. Meskipun banyak pengembangan penelitian yang menyatakan bahwa teknologi 5G akan lebih baik. Namun, teknologi ini juga tidak lepas dari adanya bebrapa kekurangan. Kekurangan dan kelebihan teknologi 5G inilah yang membuat penggunaannya menjadi kontroversial. Berikut beberapa daftar kekurangan teknologi 5G tersebut, yaitu:
·       Jenis teknologi yang satu ini masih dalam tahapan trial alias dalam proses uji coba, masih diteliti dan belum maksimal.

·       Dengan tidak meratanya kecanggihan teknologi di berbagai tempat di dunia. Maka, kecepatan dari 5G ini kadang tidak bisa dijangkau sebagian tempat.
·       Memerlukan dana yang luar biasa banyak jika ingin menggunakan teknologi 5G. Kenapa? Karena akan ada banyak sekali perangkat lama yang tidak kompeten dan tidak bisa menggunakan teknologi ini. Pastinya kita membutuhkan beragam jenis perangkat atau device baru.
·       Perkembangan infrastruktur demi menjalankan teknologi 5G tentunya akan lebih mahal.
·       Karena masih dalam tahap uji coba, teknologi 5G masih lemah masalah kebijakan keamanan privasi.
Belum lagi kontroversi mengenai alasan kesehatan yang menghantui nama teknologi 5G ini. Karena, radiasi yang dihasilkan perangkat yang menggunakan teknologi 5G cukup besar. Tentunya, terpapar radiasi yang tinggi tidak baik untuk kesehatan mata, kulit dan tubuh secara keseluruhan. Dan inilah hal-hal penting mengenai teknologi 5G yang banyak kontroversi tersebut.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »